Jumat, 07 Oktober 2011

PENANGANAN GIZI BURUK


Di zaman yang terlihat sekarang ini seeolah-olah dunia sudah semakin modern apapun terlihat serba higienis dan berkecukupan. Tapi nyatanya masih banyak adik-adik kita di pinggiran ibukota yang masih terjerat penyakit gizi buruk. Kurangnya pengawasan dalam hal gizi dan nutrisi pada anak adalah faktor utama dalam hal ini.

Upaya penanganan anak kurang gizi dan gizi buruk yang melanda KLU sudah disiapkan  dengan merivtalisasi posyandu sebagai alternatif penangan  kurang gizi  dan mengoptimalisasi para dai yang ada disetiap dusun untuk memberikan siraman rohani tentang arti hidup sehat. Demikian dikatakan  Kepala Dinas Kesehatan Lombok Utara Beny di ruang kerjanya kamis 15 sepetember 2011. sumber:  http://suarakomunitas.net/baca/17871/revitalisasi-posyandu--alternatif-penanganan-kurang-gizi.html

 Untuk itu diperlukan cara yang sederhana untuk mengatasi Gizi Buruk ini, salah satunya adalah mengajarkan dan menyebarluaskan  informasi pembuatan MODISCO. MODISCO (Modified Disco) adalah minuman bernilai gizi tinggi, mudah dicerna, kaya kalori dan protein.Modisco terdiri dari bahan-bahan lokal yang mudah diperoleh dan dibuat serta dapat diolah dalam beraneka ragam masakan dan minuman. MODISCO diperuntukan kepada orang-orang dengan keadaan dimana membutuhkan tambahan protein dan kalori karena infeksi menahun, masa penyembuhan dari penyakit berat, kesulitan makan karena adanya kelainan bawaan, sebagai makanan tambahan untuk anak sehat yang kurus, menghadapi ujian, dan pada orang-orang yang melakukan olahraga berat dan tentu saja sebagai minuman pada penderita gizi buruk.Poli gizi di Puskesmas Simpang Empat mengajarkan pembuatan Modisco III yang baik dikonsumsi pasien gizi buruk. Modisco ini terdiri dari bahan-bahan yang mudah dan murah didapat, antara lain :
12 gr / 1 setengah sendok makan full cream milk
100 cc susu segar
7,5 gr gula pasir
5 gr margarine
cara membuat :
susu bubuk dicampur gula dan minyak / margarine cair, kemudian diberi air panas sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai tercampur. Kemudian disaring. Minuman ini bisa langsung diminum. Atau supaya lebih tahan lama dapat di-tim dahulu selama 15 menit, baru diminum (* dalam 100cc Modisco mengandung 130 kalori, 3 gr protein, dan 7,5 gr lemak).
Modisco dapat dihidangkan sebagai minuman sehari-hari, campuran es krim, dicampur dengan bubur kacang hijau atau kolak pisang, sebagai campuran puding agar-agar atau roti, dan sebagainya. Namun, tidak semua orang dapat mengkonsumsi MODISCO, Modisco tidak dapat diberikan pada anak bila gemuk, dan penyakit ginjal, hati (kuning), jantung tanpa atau dengan konsultasi dokter. Untuk bayi, Modisco baru boleh diberikan saat bayi berusia 6 bulan.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar