Sabtu, 08 Oktober 2011

Semakin Padatnya Kendaraan

Bermacam-macam aktivitas warga Indonesia sangatlah berkaitan dengan kendaraan yang biasa digunakan untuk menempuh jarak menuju tempat mereka mengais rezeki. Hal inilah yang memicu bertambahnya volume kendaraan di jalanan Ibu Kota maupun daerah sekalipun. Menurut data yang saya baca, volume kendaraaan sampai dengan tahun 2011 ini sudah mencaapai sekitar 12 juta unit.

Pengalaman saya pribadi pun terasa seketika saya keluar dari kampus pada pukul 12.30 dan kebetulan itu hari sabtu, terlihat banyak  sekali kendaraan yang menumpuk di depan gerbang masuk kampus pada saat itu. Kendaraan pun hampir tidak bergerak sama sekali, minimnya petugas kepolisian di daerah kemacetan semakin memperparah kondisi sekitar kampus. tapi setidaknya bantuan dari satpam kampus yang sedikit mengatur kendaraan membuat semuanya lebih teratur.

Contoh kecil diatas menunjukan sekali banyaknya jumlah kendaraan yang tidak dibarengi dengan pembangunan jalan yang efektif dengan menambah volume jalan juga. Semoga ini semua mendapat perhatian dari pemerintah bersangkutan agar supaya membenahi hal kecil berdampak besar seperti ini.

Bisakah kalian bayangkan apa yang akan terjadi 5 tahun mendatang kalau tidak di tangani masalah seperti ini? Banyaknya permintaan kendaraan baru tanpa membatasi ruang masuk kendaraan tersebut di produksi. Banyak sekali dampak buruk di balik itu semua, di samping menumpuknya jumlah kendaraan dan memperparah situasi jalanan, beragam penyakit pernafasan pun juga turut serta menyelimuti masyarakat Indonesia pada khususnya.



Semoga kita semua tersadar dan ikut serta dalam acara-acara pemerintah dalam menangani masalah-masalah seperti ini, karna gerak dan kemauan dari masyarakat 'mungkin' dimulai dari langkah kita hari ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar